Mengenal Lebih Dekat Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Saat ini terdapat banyak sekali kampus negeri dengan akreditasi yang baik, salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang. Kampus yang ter...

Saat ini terdapat banyak sekali kampus negeri dengan akreditasi yang baik, salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang. Kampus yang terletak di Jawa Tengah ini seringkali menjadi pilihan favorit oleh mereka yang akan melanjutkan Pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Karena itu penting untuk Kamu mengetahui profil Universitas Negeri Semarang.

Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disebut UNNES adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di daerah Semarang, Jawa Tengah. Universitas yang sebelumnya memiliki nama “Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang” ini mempunyai semboyan “Unnes Sutera” (Sehat, Unggul, Sejahtera).

Sampai saat ini, Universitas Negeri Semarang sudah memiliki delapan fakultas dengan delapan puluh lima program studi di dalamnya yang terdiri dari Pendidikan profesi, Program Sarjana (S1), Magister (S2), Doktor (S3), dan juga Pendidikan Vokasi (D3).

Profil Universitas Negeri Semarang 

Saat ini, Universitas Negeri Semarang masih menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan peringkat ke-10 di Indonesia. Maka dari itu wajar jika tiap tahun peminat kampus ini selalu tinggi. Nah berikut Profil Universitas Negeri Semarang

Sejarah Universitas Negeri Semarang

Sejarah awal berdirinya Universitas Negeri Semarang dimulai saat pemerintah kolonial Belanda mendirikan lembaga pendidikan guru yang saat itu disebut dengan Kursus B-I dan Kursus B-II yang diselenggarakan sampai tahun 1960. Kemudian, dua lembaga tersebut disatukan dan dikenal dengan sebutan “Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan” (FIKIP).

Pada tahun 1963, FKIP UNDIP ditetapkan menjadi IKIP Yogyakarta cabang Semarang dan seiring dengan berjalannya waktu, IKIP Yogyakarta dari cabang Semarang ini mengalami perkembangan yang pesat. 

Melihat perkembangannya yang signifikan, akhirnya terbitlah surat keputusan Menteri yang menetapkan IKIP Yogyakarta cabang Semarang berganti menjadi IKIP Semarang. Setelah itu, berdasarkan surat keputusan presiden no 124 tahun 1994, akhirnya diputuskan bahwa IKIP Semarang berganti nama menjadi Universitas Negeri Semarang alias UNNES hingga saat ini.

Visi dan Misi Universitas Negeri Semarang

Visi: Menjadi universitas yang berwawasan konservasi serta bereputasi Internasional.

Misi: Menyelenggarakan serta mengembangkan pendidikan dalam program kependidikan dan non kependidikan yang unggul, berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Mengembangkan serta menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, peradaban dan olahraga yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan olahraga yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, serta Membangun kerjasama Institusi dalam menunjang penguatan kelembagaan yang bereputasi internasional.

Makna Logo

Gambar kuncup bunga teratai berhelai tiga dengan merah dan putih diatas, menandakan semangat UNNES dalam berinovasi untuk mengembangkan perguruan tinggi bertaraf internasional dengan berlandaskan Pancasila, UUD 1945, serta Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sayap mengepak dengan warna kuning keemasan dengan delapan helai mengartikan UNNES yang dinamis dengan berbasis pada delapan nilai konservasi. delapan nilai konservasi tersebut adalah: inspiratif, humanis, kepedulian, inovatif, kreatif, sportif, kejujuran, dan keadilan.

Siluet Tugu Muda yang diapit oleh dua kepakan sayap menyimbolkan semangat perjuangan serta identitas kampus UNNES yang berasal dari kota Semarang. Lambang tersebut mempunyai arti bahwa UNNES akan tumbuh serta berkembang baik secara lokal, nasional, maupun internasional tanpa meninggalkan konteks sosialnya.

Tulisan UNNES dan Universitas Negeri Semarang yang berwarna biru melambangkan arti kemuliaan sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul yang menghadirkan kebermanfaatan bagi semesta.

Jurusan yang Ada Di Universitas Negeri Semarang

Fakultas Ilmu Pendidikan: 

Psikologi (S1), Teknologi Pendidikan (S1), Pendidikan Guru PAUD (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1),), Bimbingan dan Konseling (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1

Fakultas Teknik:

 Teknik Mesin (S1), Pendidikan Tata Boga (S1), Pendidikan Teknik Otomotif (S1), Teknik Kimia (S1), Pendidikan Tata Kecantikan (S1), Pendidikan Tata Busana (S1), Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1), Pendidikan Teknik Elektro (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Teknik Sipil (S1), Teknik Arsitektur (S1), Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1), Teknik Elektro (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1),

Fakultas Bahasa & Seni:

Sastra Indonesia (S1), Sastra Jawa (S1), Pendidikan Bahasa Mandarin (S1), Pendidikan Bahasa Jepang (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Sastra Inggris (S1) Pendidikan Seni Musik (S1), Pendidikan Seni Tari (S1) Desain Komunikasi Visual (D3) Seni Rupa (S1), Pendidikan Seni Rupa (S1), Sastra Prancis (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Pendidikan Bahasa Prancis (S1), Pendidikan Bahasa Jawa (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)

Fakultas Ilmu Keolahragaan:

Ilmu Keolahragaan (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Gizi (S1), Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (S1), Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)

Fakultas Ilmu Sosial:

Pendidikan Sosiologi & Antropologi (S1), Pendidikan IPS (S1), Pendidikan Geografi (S1),  Ilmu Politik (S1), Survey dan Pemetaan Wilayah (D3), Geografi (S1), Ilmu Sejarah (S1), Pendidikan Sejarah (S1), Pendidikan PKN (S1),

Fakultas Ekonomi:

Manajemen (S1), Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Ekonomi Pembangunan, (S1), Akuntansi (S1), Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran (S1), Pendidikan Ekonomi Akuntansi (S1), Manajemen Perkantoran (D3), dan Akuntansi (D3),

Fakultas Matematika dan IPA:

Matematika (S1), Pendidikan Matematika (S1), Biologi (S1), Pendidikan Biologi (S1), Ilmu Lingkungan (S1), Farmasi (S1), Teknik Informatika (S1), Pendidikan IPA (S1), Pendidikan Kimia (S1), Fisika (S1), Pendidikan Fisika (S1), Sistem Informasi (S1), Kimia (S1),  Statistika Terapan dan Komputasi (D3)

Fakultas Hukum:

Ilmu Hukum (S1) Pascasarjana, Pendidikan Seni (S2), Pendidikan Geografi (S2), Pendidikan Matematika (S2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S2), Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2), Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (S2), Pendidikan Dasar (S2), Pendidikan Olahraga (S2), Pendidikan IPA (S2), Pendidikan IPS (S2), Pendidikan Bahasa Inggris (S2), Bimbingan dan Konseling (S2), Manajemen Pendidikan (S2), Pendidikan Bahasa (S3), Manajemen Pendidikan (S3), Pendidikan Olahraga (S3),

Jalur Masuk

Apabila Kamu ingin menjadi mahasiswa UNNES, maka Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik mengingat peminat di kampus ini cukup tinggi. Untuk jalur pendaftaran ke kampus ini Kamu dapat masuk melalui beberapa jalur, yaitu: SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Fasilitas Kampus

Universitas Negeri Semarang memiliki banyak sekali fasilitas pendukung yang akan membuat suasana belajar semakin mendukung loh. Diantaranya: Rusunawa UNNES, Perpustakaan, Hall Center, Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes), Sarana Olahraga, Laboratorium, Masjid Kampus, Student Center, kolam renang, bank, dan lain-lain. 

Itulah profil Universitas Negeri Semarang yang bisa menjadi referensi dalam memilih tempat perguruan tinggi. Pastikan sebelum memilih perguruan tinggi untuk berpikir dan memilih dengan matang serta mempertimbangkan kelebihan dan kualitas kampus ya. 

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,4,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,3,oleh-oleh,1,Pendidikan,38,Rekomendasi,27,Terbaru,15,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Mengenal Lebih Dekat Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Mengenal Lebih Dekat Universitas Negeri Semarang (UNNES)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwFYYcKh4CpQRQm1te5A_ey9xzb7VzGOtP-gUB_UpigscRlXUTQdeiQWAsVnyBseBxbMvA-Oo3Amr7nXdX1pmeK5C15Mm_OXUBM1cEEjRwQ1Wo2cJeBiZdgiJ4rV8ea4dEd-HK8p7Ehov-yj_IHo0GMKkkxt0ox4rEquCXaOvxRfPyBvrmbjiU0D5W/s16000/unnes%20semarang.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwFYYcKh4CpQRQm1te5A_ey9xzb7VzGOtP-gUB_UpigscRlXUTQdeiQWAsVnyBseBxbMvA-Oo3Amr7nXdX1pmeK5C15Mm_OXUBM1cEEjRwQ1Wo2cJeBiZdgiJ4rV8ea4dEd-HK8p7Ehov-yj_IHo0GMKkkxt0ox4rEquCXaOvxRfPyBvrmbjiU0D5W/s72-c/unnes%20semarang.png
Jateng.net
https://www.jateng.net/2022/03/mengenal-lebih-dekat-universitas-negeri.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2022/03/mengenal-lebih-dekat-universitas-negeri.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi