Fakta Unik Tentang Jawa Tengah yang Perlu Kamu Ketahui

Jawa Tengah yang sering disebut dengan Jateng ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah dari Pulau Jawa. Ibu...

Jawa Tengah yang sering disebut dengan Jateng ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah dari Pulau Jawa. Ibu kota dari Jawa Tengah adalah Semarang. Untuk lebih mengenal salah satu provinsi di Jawa ini, maka Anda bisa simak beberapa fakta unik tentang Jawa Tengah berikut ini. 

Fakta Unik Tentang Jawa Tengah

Jawa Tengah secara geografis dan budaya juga mencakup Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah sendiri dikenal sebagai jantung budaya Jawa. Meskipun demikian, di provinsi ini ada suku bangsa lain yang memiliki budaya berbeda dengan suku Jawa, seperti suku Sunda yang berada di perbatasan Jawa Barat. 

Selain itu, ada juga warga Tionghoa, Arab, India yang tersebar di seluruh provinsi Jawa Tengah. Sejak tahun 2008 lalu, provinsi Jawa Tengah ini memiliki hubungan kembar dengan provinsi Fujian yang ada di Tiongkok. 

Selain fakta ini, ada juga fakta-fakta unik lainnya tentang Jawa Tengah berikut ini yang perlu Anda ketahui. 

Letak Geografis

Secara geografis, wilayah Jawa Tengah berada di tengah Pulau Jawa. Di sebelah Barat, provinsi ini berbatasan dengan provinsi Jawa Barat. Sementata di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sebelah Timur, berbatasan dengan Jawa Timur, dan di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa. 

Untuk luas wilayahnya sendiri adalah 32.800,69 km persegi, atau sekitar 28,94 persen dari luas total dari pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah ini juga meliputi Pulau Nusakambangan yang berada di sebelah Selatannya, serta Kepulauan Karimunjawa di Laut Jawa. 

Sejarah Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terbentuk sejak zaman Hindia Belanda. Hingga pada tahun 1905, Jawa Tengah telah terdiri dari 5 wilayah, yakni Semarang, Pati, Kedu, Banyumas, dan Pekalongan. 

Surakarta sendiri masih merupakan daerah swapraja kerajaan yang berdiri sendiri dan terdiri dari dua wilayah, yakni Kasunanan Surakarta, dan Mangkunegaran. 

Setelah diberlakukannya decentralisatie besluit di tahun 1905, gewesten diberi otonomi sendiri dan dibentuk sebagai dewan daerah. Selain itu, gemeente yang otonom diantaranya yakni Pekalongan, Tegal, Semarang, Salatiga, dan Magelang. 

Sejak tahun 1930, provinsi Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai daerah otonom yang memiliki Dewan Provinsi. Provinsi ini terdiri atas beberapa karesidenan, yang meliputi beberapa kabupaten, dan dibagi dalam beberapa kawedanan. Provinsi Jawa Tengah sendiri terdiri dari 5 karesidenan, yakni Pekalongan, Pati, Semarang, Banyumas, dan Kedu. 

Perekonomian

Pertanian merupakan sektor utama dari perekonomian Jawa Tengah. Kawasan hutannya sendiri meliputi 20 persen wilayah provinsi, terutama pada bagian Utara dan Selatannya. Daerah Rembang, Blora, Grobogan merupakan salah satu wilayah penghasil kayu jati. 

Jawa Tengah juga memiliki sejumlah industri besar dan menengah. Kawasan industri utama yang ada di Jawa Tengah diantaranya adalah Semarang, Ungaran, Demak, dan Kudus. Kudus sendiri dikenal sebagai pusat industri rokok. Di Cilacap sendiri terdapat industri semen. Solo, Pekalongan dikenal sebagai kota batik bernuansa klasik. Selain itu juga ada yang terkenal, yaitu mall di Semarang yang jumlahnya ada puluhan. 

Selain fakta-fakta diatas, masih ada banyak sekali fakta mengenai Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Mulai dari demografinya, pemerintahannya, pariwisatanya, perayaan, hingga tokoh-tokoh penting yang berhubungan dengan Jawa Tengah. 

Inilah sedikit fakta unik tentang Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Sebagai warga negara Indonesia, ada baiknya jika Anda lebih mengenal wilayah-wilayah yang ada di Indonesia ini. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih menghargai keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia. 

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,4,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,3,oleh-oleh,1,Pendidikan,38,Rekomendasi,27,Terbaru,15,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Fakta Unik Tentang Jawa Tengah yang Perlu Kamu Ketahui
Fakta Unik Tentang Jawa Tengah yang Perlu Kamu Ketahui
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh62mXAqXESN7DCju6q5YFwjC0fUWq_XVFKO4ZTuabMrlG6AdGIGE8VnUF6OXGl9Uwy7CU1LuDrVGgDvZJjsGughGWpBrLPfxdgghfbgUM3tvWCnZ3HYuhJjfu4RtUXaLy1WT_xyAOqVrbJUlOgIyJ1VFqnnyXC-Q5pXoaKzJcMRvuJcotnSdD_Iu_O/s16000/fakta%20unik%20jawa%20tengah.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh62mXAqXESN7DCju6q5YFwjC0fUWq_XVFKO4ZTuabMrlG6AdGIGE8VnUF6OXGl9Uwy7CU1LuDrVGgDvZJjsGughGWpBrLPfxdgghfbgUM3tvWCnZ3HYuhJjfu4RtUXaLy1WT_xyAOqVrbJUlOgIyJ1VFqnnyXC-Q5pXoaKzJcMRvuJcotnSdD_Iu_O/s72-c/fakta%20unik%20jawa%20tengah.jpeg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2022/03/fakta-unik-tentang-jawa-tengah-yang.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2022/03/fakta-unik-tentang-jawa-tengah-yang.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi